Kelas SEO Gratis BRT, Reparasi Blog Secara Maksimal

Kelas SEO Gratis BRT, Reparasi Blog Secara Maksimal. Dua tahun terakhir ini, saya rasa SEO sedang begitu banyak diperbincangkan terutama dikalangan blogger. Bahwa tulisan maupun blog harus sesuai dengan standard SEO.

Mengapa harus sesuai dengan standard SEO? Agar tulisan dan blog kita dikenal dengan baik oleh google. Jadi tulisan pun tidak hanya sekedar tulisan. Blog atau website mudah dikenali mesin pencari, sehingga bisa muncul di halaman pertama google atau paling tidak berada di 5 halaman pertama google.

Untuk menjadikan tulisan disukai mesin pencarian google, banyak hal yang harus diperbaiki dalam struktur blog kita maupun struktur tulisan kita. Dan jika kita tidak tahu dimana letak kesalahan struktur blog maupun struktur tulisan, ada baiknya kita mengikuti kelas SEO yang terpercaya.

Ikut kelas SEO? Pasti biayanya tidak murah. Dan pernah mendengar dari beberapa orang yang pernah ikut kelas SEO berbayar, tidak semua ilmu SEO mereka dapatkan. Ujung-ujungnya mereka akhirnya tetap belajar otodidak tentang SEO agar hasilnya maksimal.

Tapi, saya menemukan sebuah komunitas yang mau membagikan ilmu tentang SEO, Gratis lagi. Ya Kelas SEO Gratis BRT (Blogger Ruang Tunggu).

Kelas SEO Gratis
Kelas SEO Gratis BRT

Kelas SEO Gratis yang Berkualitas Bersama BRT

Sebenarnya ini Kelas SEO Gratis BRT yang saya ikuti untuk ke 3 kalinya. Kelas pertama, gugur karena saya masih belum paham tentang struktur blog yang harus sesuai SEO. Dan waktu itu sudah tahu jika ada beberapa warning di struktur blog, tapi nggak paham harus mengganti template atau membenahi htmlnya. Akhirnya saya di kick di urutan pertama.

Kelas blogger SEO gratis lainnya yang diadakan BRT adalah bulan Juni 2021 kemarin. Sebenarnya saya juga keangkut waktu itu, dan sempat ikut pas pertemuan pertama. Tapi tiba-tiba ada masalah pribadi yang kemudian nggak memungkinkan saya untuk mengikuti kelas ini dengan baik. Akhirnya juga mundur teratur, eh di kick ding. Sedih banget, mana blogku masih gitu gitu saja.

Di bulan Desember 2021 ini keangkut lagi di kelas SEO gratis oleh BRT. Tapi ya Allah, ada kejadian di luar praduga. Gedung CDC tempat dimana hostingku meletakkan servernya berada, kebakaran. Jadinya sampai sekarang blog utama masih koma.

Baca Juga :

Sampai bertanya, “kok seperti ini, sih. Mengapa ada saja kejadian saat ikut kelas gratis SEO BRT?” Tapi saya tahu ini ujian. Maka, saya harus bergerak cepat untuk membuat blog baru jika ingin terus ikut kelasnya, karena saya nggak punya blog lain lagi.

Kemarin akhirnya saya memutuskan membeli hosting dan domain baru dengan alamat https://wiwidnurwidayati.my.id ini. Lalu ngebut ngerjain tugas 1,2,3 agar bisa ikut kelas berikutnya. Rasanya nano-nano banget.

Kelas SEO Gratis
Apa itu SEO?

Kesan Kelas SEO Gratis BRT untuk Pemula

Pada malam pertemuan pertama, blog utama saya masih aktif. Hari itu kami belajar memastikan bahwa SSL di blog adress telah tersemat dengan sempurna. Namun keesokan harinya, blog utamanya nggak bisa diakses. Meski para coach memberi dispensasi, tetapi tetap sedih karena kelas blogger gratis tetap berjalan tapi nggak bisa praktek.

Berikut ini kesan-kesan selama saya ikut Kelas SEO Online Gratis BRT:

1. Membeli Domain Baru

Saat membeli domain baru ini ada sedikit drama. Awalnya saya sudah masuk ke hampir semua website penyedia hosting. Tapi kebanyakan harganya sedang nggak cocok di kantong saya. Akhirnya nemu 1 provider hosting yang murah dan cocok di kantong. Saya memang memutuskan untuk beli CMS wordpress sekalian hostingnya.

Setelah domain siap, saya lalu ngebut tulisan. Nggak pernah punya stok tulisan yang belum pernah diposting. Belum lagi harus set up dan cari template blog yang SEO friendly karena belum pandai utak atik html. Akhirnya selesai juga utak atik blog dan 3 tulisan. Lalu laporan sama mbak Monic kalau mau lanjut kelas.

2. Harus Meluangkan Waktu Jika Ikut Kelas SEO Online Gratis ini

Kelas blogger gratis online ini sangat cepat sekali pergerakannya. Sekali saja meninggalkan grup, scrollnya panjang banget. Terus setiap pertemuan ada tugas, ya kalau nggak ngerjain tugas tahu sendirilah akibatnya.

Jadi klo ikut kelas gratiis SEO, kita harus benar-benar meluangkan waktu. Dan kata coach Monica, kelas ini adalah kelas seo friendly tapi nggak mom friendly. Jadi sebelum ikut kelas ini kita harus mengenali diri sendiri. Apakah benar kita bisa meluangkan waktu untuk ngoprek blog dan ngerjain tugas.

3. Kelas SEO Gratis Tetapi Ilmunya nggak Kaleng-kaleng

Nggak banyak yang mau membagi ilmu gratis seperti para coach di BRT. Kelas untuk para blogger ini gratis tapi ilmunya beneran legit, nggak kaleng-kaleng. Para guru atau coach mengajari kami bagaimana harus ngoprek blog agar sesuai dengan standard SEO. Juga memberi tips agar mesin pencarian mudah mengenali tulisan. Dan jika masih sampai tugas ke 3 ini kami lolos, akan naik ke kelas berikutnya dengan tema yang berbeda.

Kelas Seo gratis
Tentang SEO

4. Siapa Saja Coach di Kelas SEO Gratis BRT?

Ada 5 coach yang siap mendampingi kita belajar di kelas ini. Ada mas Punto (Pewe), Mbak Monica Anggen (istrinya mas Punto), mas Priyo, Mas Zen dan mbak Marita. Mereka punya karakter sendiri-sendiri dan juga kebagian tugas menyampaikan ilmu dengan tema berbeda pada setiap pertemuan kelas.

Hanya bisa mengucapkan terimakasih, karena mereka rela memberi ilmu gratis. mereka meluangkan waktu cek blog kami saru persatu dari peserta sekitar 90 an. terus lagi seringnya kita mengulang pertanyaan yang sama, atau pertanyaan yang sudah ada jawaban sebelumnya, tapi mereka tetap mau menjawab.

5. Kesan Teman Satu Tim tentang Kelas ini

Dalam kelas SEO gratis untuk pemula ini kami di kelompok sesuai dengan platform blog yang kami pakai. kebetulan kami memakai platform WordPress. Melihat bahwa kelas ini ternyata cukup riweh karena banyaknya kesalahan struktur blog dan tulisan, teman satu tim memberikan kesannya di WAG.

Kesan dari seorang food blogger Indonesia di kelas itu,”Kelas gratis BRT ini cocok untuk blogger yang masih punya kemauan belajar hal-hal baru. kalau bloggernya nggak niat belajar mah, pasti tumbang di awal.”

Atau kesan dari mbak Rania, seorang blogger yang mengabadikan kisah honeymoonya bersama suami dan anak-anak di blognya:

  • Gratis tapi bukan kelas murahan/freemium
  • Pernah ikut 1 atau 2 kali dan selalu saja ada hal yang dipelajari
  • Bukan hanya butuh mental kuat, tapi butuh keinginan belajar, ngoprek, manajemen waktu, kemampuan begadang kuat
  • Coach dan teman-temannya nggak pelit ilmu saat diskusi, kitanya yang harus aktif
  • Tegas tapi baik, mau bantu buat pengantar kalau dapat blog job bareng klien
  • Memacu adrenalin tapi seru

Kesimpulan Kelas SEO Gratis BRT

Kesimpulannya kelas SEO BRT kita harus memiliki effort yang sungguh-sungguh untuk mengikutinya. Dengan mengenali diri sendiri terlebih dahulu apakah benar-benar memiliki waktu luang untuk mengerjakan tugas yang ada, ngoprek blog. Karena sesungguhnya kelas ini hasilnya memang untuk diri kita sendiri nantinya.

Dan lagi kelas ini meskipun gratis tapi ilmu yang coach berikan nggak setengah-setengah. Coachnya nggak pelit. Jadi dengan menghargai ilmu pemberian para coach, kita harus sungguh-sungguh menerapkan ilmu yang telah mereka berikan. Bahkan mungkin harus rela begadang agar tugasnya selesai. Selamat berjuang para coach dan peserta di kelas blogger gratis ini. Hasil takkan pernah mengkhianati usaha.

35 pemikiran pada “Kelas SEO Gratis BRT, Reparasi Blog Secara Maksimal”

  1. wah mba Wid ikutan lagi yaa… semangat mba..
    Jangan lupa minum vitamin untuk begadang dan fokus 🙂
    Semoga sampai garis finish yaa mba ^^
    Salam ya mba buat coach2nya hehe..

    Balas
  2. Dan salah satu alasanku sengaja telat ngisi form pendaftaran kelas ini kemaren adalah, belum momfriendly wkwkwk. Nampaknya belum tepat untuk ikut saat ini, semoga next ada kelas lagi dan aku bisa mengikuti dengan baik. Amiin.

    Balas
  3. Dari dulu pengen belajar SEO biar tulisan ada di page 1 terus tapi belum bisa. Selain ga gratis, aku juga belum ada waktu. Eh Ternyata ada kelas SEO gratis ya. Lumayan nih bisa ikutan nambah ilmu tak pake duit.

    Balas
  4. BRT baik banget deh mau kasih waktunya buat bikin kelas gratis ini. Apalagi coach nya udah memang andal di dunia perblogingan.

    Satu lagi, kalau ikut kelas khusus SEO ini memang harus totalitas ya, Mbak Wid. Karena memang ilmunya yang didapet nggak maen-maen dan bakal sangat berguna buat blog kita.

    Semangat terus buat mbak Wiwid dan teman-teman semuaa..!!

    Balas
  5. Aku gak pernah berani daftar kelas BRT ini, selain waktu yang rasanya susah santai, matapun tak kuat berlama lama mengutak atik didepan layar.. dan aku salut kak wiwid selalu bersemangat untuk belajar

    Balas
  6. Belajar SEO emang penting banget, dapat ilmu, dapat keahlian, cuma kendalanya sama mba, ngedit html agak susah..takut salah error ntar.

    Balas
  7. Semangat ya mba wid. Jadi malah punya ternak blog sekarang nih.. Semoga lolos sampai kelar kelasnya nih. Kita tunggu hasil hasil ilmu yg didapatnya ya. Hehe

    Balas
  8. Kelas BRT memang selalu keren mbak. Nggak ada yang mau bagi-bagi ilmu gratis begitu. AKu juga mau belajar di sana, kasih tahu ya, mbak kalau ada buka kelas

    Balas

Tinggalkan komentar