Cara Mudah Sukses di Usia 24

Cara Mudah Sukses di Usia 24? Usia 24 biasanya adalah usia di mana kita mencari jati diri. Biasanya usia segitu kita sudah mulai memikirkan dengan serius masa depan. Ada beberapa yang mulai memikirkan pernikahan, ada yang masih mengejar karir. Tetapi, saya yakin, di usia itu kita memang sudah mulai memikirkan hidup yang lebih serius.

Beberapa waktu yang lalu, media massa telah menghebohkan kita dengan berita seorang gadis berusia 24 dengan pencapaiannya yang mencengangkan. Ya, di usia segitu beliau telah terlibat kasus korupsi, sebab beliau adalah bendahara di suatu partai yang ternama.

Nah, apa kamu juga ingin mendapatkan ketenaran di usia muda dengan cara seperti itu? Tentu tidak bukan? Lalu apa yang ingin kamu gapai di usia muda tersebut?

Usia 24 Mencari Jati Diri

Dulu saya tak memiliki banyak impian saat usia 24. Kebetulan waktu itu circle pertemanan saya kebanyakan banyak yang menikah. Jadi waktu itu keinginan menikah pun sangat kuat. Hingga kemudian di bulan kedua usai 24 tahun, saya menikah. Tetapi itu keputusan saya 17 tahun yang lalu.

Jika usia saat ini usia saya masih 24 mungkin juga apa yang saya putuskan berbeda. Perubahan zaman yang semakin cepat juga sangat mempengaruhi pola pikir. Mungkin jika jika diulang kembali saya ingin meraih beberapa hal di bawah ini:

  • Melanjutkan S1 & S2, Saat itu pendidikan saya hanya D3, dengan lingkungan dan perkembangan zaman seperti ini saya ingin melanjutkan ke jenjang S1 & S2.
  • Membahagiakan Ibu, Hingga saat ini saya masih merasa belum melakukan apa pun untuk membahagiakan ibu saya. Saya igin membahagiakan ibu saya dengan uang saya sendiri dan saya dalam kondisi single.
  • Membuat peta hidup, meskipun perempuan pada akhirnya harus tunduk kepada lelaki. Tetapi seandainya saya mengetahui lebih awal tentang peta hidup, maka akan saya propose peta hidup saya kepada pendamping hidup saya.

Namun, zaman sudah berubah. Saat ini mungkin usia 24 adalah usia yang masih terlalu dini untuk menikah. Teman kerja saya yang usianya hampir sama dengan saya saat ini saja masih belum menikah. Padahal dia memiliki hampir semuanya.

Nah, di zaman era 4.0 apa saja yang seharusnya mereka lakukan pada usia 24?

tips sukses di usia 24
Cara Sukses di Usia 24

Baca Juga :

Hal- hal yang Harus Kamu Lakukan di Usia 24

Berdasarkan pengalaman hidup saya di atas, ada baiknya pada usia 24 kamu benar-benar telah merencanakan hidup kamu dengan baik. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan dan saya rasa hal itu akan sangat bermanfaat bagi masa depanmu adalah

1. Membuat Peta Hidup

peta hidup ini sangat penting. Ini seperti rencana hidupmu. Kamu mau kemana dan melakukan apa. Plan A, Plan B, atau plan C. Kamu bisa membuat beberapa rencana. Karena belum tentu jika kita hanya membuat satu rencana, rencana tersebut akan mulus. Jadi, jika kita gagal, kita masih memiliki kesempatan untuk melakukan Plan B atau plan C.

2. Belajar Investasi dan Keuangan

Zaman digital ini perbanyaklah ilmu tentang investasi dan keuangan. Karena ilmu itu akan membuatmu cerdas dalam mengelola keuangan. Selain itu juga akan membuatmu bisa mengembangkan keuangan. Dan itu sangat bagus bagi masa depanmu.

3. Bahagiakan Orang Tersayangmu

Jika usiamu 24, mungkin salah satu cara membahagiakan orang tersayangmu adalah kamu berprestasi. Mungkin dalam hal pendidikan, atau bisa jadi kamu berprestasi dalam hal kemandirian. Orang-orang tersayangmu akan melihatmu bangga.

4. Bangunlah Bisnis

Di era serba daring ini kamu bisa membangun bisnis hanya dari ujung jari. Istilah kerennya start up. Apa pun itu yang penting hal positif dan memang bermanfaat bagi dirimu dan oranglain. Dengan memiliki sebuah bisnis, kamu bisa mengatur waktu sendiri tanpa ditekan oleh atasan. Kamu juga bisa membantu orang lain karena telah membuka peluang kerja bagi mereka.

5. Fokuslah pada Tujuanmu

Pasti kita sudah sering mendengar jika ingin sukses pasti ada jatuh bangunnya. Nah, ketika kamu jatuh, tetaplah fokus untuk bangkit.

Ada Apa dengan usia 24
Dream Come True

Kesimpulan Usia 24

Usia 24 sebenarnya usia yang paling menyenangkan. Dari segi percintaan, biasanya kita sedang menyukai seseorang secara serius. Usia segini biasanya kita juga sedang memulai karir atau justru sudah menyelesaikan S2.

Pencapaian di usia ini tentunya berbeda bagi setiap orang. Sebab kita masing-masing memiliki pola pikir yang berbeda dan juga usaha yang berbeda. Jadi apapun yang telah kita mulai pada usia ini, lakukan dengan sungguh-sungguh. Sebab di Indonesia, usia di atas 35 tahun sudah sangat tidak dihargai tenaganya.

Jadi ketika usia muda kita sudah bisa sukses, itu jauh lebih baik. Namun, untuk mencapai sukses tersebut tentunya tidak ada yang instant. Sebab pasti ada usaha jatuh bangun dan juga perencanaan yang bagus.

Intinya, jangan sia-siakan waktu di usia yang produktif tersebut. Buat peta hidup, lakukan, fokus, bangun jika apa yang kamu rencanakan gagal. Mungkin Allah hanya memberi pelajaran agar kita lebih hati-hati, tak mudah putus asa dan hanya berharap kepada-Nya.

Lakukan apa yang bisa kamu lakukan. Raih sebanyak-banyaknya apa yang bisa kamu raih. Tetapi tetaplah rendah hati, jangan sombong dan teta[lah memiliki empati yang tinggi terhadap sesama. Bangun kesuksesan sejak dini, jangan kecewakan orang yang menyayangimu, bahagiakan mereka selagi tenagamu masih mampu. Yuk, Raih sukses di usia 24.

Tinggalkan komentar