Blogplan Tahun 2022, Apa Saja yang Ingin Diraih?

BlogPlan Tahun 2022, Apa Saja yang Ingin DiRaih? Jujur saja, materi blogplan ini baru untuk saya. Baru kali ini menerima materi yang sepertinya menempeleng muka saya. Kemana saja saya selama ini? Pantas saja kualitas kehidupan blog saya begitu-begitu saja.

Selama ini saya menjalani blogging ya jalan saja, tanpa rencana yang matang dan konsisten. Seperti contoh keinginan ikut lomba, saya catat baik baik tema dan tanggal deadlinenya di kertas. Dan ternyata tetap saja tanggal deadline berlalu, tapi tulisan tidak kunjung jadi.

Maka ketika mendapatkan materi blogplan yearly, monthly, weekly dan daily, seolah-olah saya diingatkan untuk segera membuatnya. Saya sering memiliki banyak ide, tapi tak ada satupun tulisan organic yang muncul. Jadi ini sudah saatnya saya merubah diri, agar kondisi blogging pada tahun 2022 nanti jauh lebih baik.

cara membuat blogplan tahunan
Contoh membuat blogplan sederhana

Pengertian Blogplan dan Manfaatnya?

Blogplan seperti namanya adalah rencana yang berhubungan dengan aktivitas blogging. Lalu, apa saja manfaat dari blogplan itu? Beberapa hal yang bisa di dapat dari blogplan adalah

  1. Blog lebih terstruktur, dengan perencanaan yang bagus, kita akan lebih tahu arah blogging. Mungkin selama ini kita tipe spontan. Mbak Marita pada kelasnya kemarin bilang, bisa jadi blog kita seperti etalase karena isinya hanyalah sponsor job saja.
  2. Evaluasi, dengan adanya blogplan, kita bisa mengevaluasi apa saja yang sudah bisa kuraih sesuai plan dan apa yang belum.
  3. Upgrade Skill, setelah mengevaluasi kita bisa tahu mana yang perlu diperbaiki. Misalkan target DA 25, tapi kok masih 15. Apa yang salah? Kita bisa upgrade skill ikut kelas menaikkan DA atau kelas SEO untuk meraih apa yang belum bisa di raih.
  4. Lebih bersemangat, dengan rencana-rencana yang detail kita seharusnya lebih semangat dalam ngeblog karena tahu ada banyak hal yang ingin kita raih.

Nah, jujur saja saya selama ini nggak pernah membuat perencanaan blog. Jadi jika kualitas blog masih stagnan, saya tidak tahu harus mulai emmperbaikinya dari mana. Mumpung ini akhir tahun, ada baiknya saya mulai membuat blogplan tahun 2022.

Baca Juga :

My Blogplan Tahun 2022, “Things to Do and Goal”

Karena saya belum pernah membuat perencanaan blog secara detail maka blogplan saya tidak jauh-jauh dari contoh yang telah coach Marita sampaikan di kelas. Swear mbak, ini rencana-rencana yang saya buat untuk pertamakalinya secara detail yang berhubungan dengan blogging.

pentingkah blogplan tahunan?
My Blogplan in year 2022

Berikut ini perencanaan yang berhubungan dengan blog untuk tahun 2022:

  • 2 artikel organik per minggu untuk 3 blog saya yaitu wiwidstory.com, DayatRain.my.id dan wiwidnurwidayati.my.id
  • 1 artikel per minggu untuk Kompasiana
  • Update artikel lama 3x per minggu
  • Ikut blogwalking season 3 kali seminggu
  • Tanam 5 link untuk 1 blog per hari, misalkan hari senin blog A, hari selasa blog B, hari rabu untuk blog C. begitu berputar terus.
  • Posting FB minimal 3x dalam seminggu
  • Posting IG & TT minimal 2x dalam seminggu
  • Merencanakan tema tulisan secara rutin
  • Mengikuti seminar kepenulisan minimal 1x dalam sebulan
  • Membeli 2 domain TLD (.COM) & SEO tool
  • Mengecek kualitas blog minimal 2 kali dalam seminggu (cek broken link, cek backlink lost)
  • Konsisten

Perencanaan Blog Mingguan untuk wiwidnurwidayati.my.id

Coach Marita juga memberikan tugas untuk blogplan dari tanggal 13-18 Desember ini. Berikut ini weekly blogplan untuk wiwidnuriwdayati.my.id

contoh blogplan mingguan
My Weekly Blogplan
  • 13 Desember 2021 : Blogpost di wiwidstory.com
  • 14 Desember 2021 : Blogpost di wiwidstory.com dan draft tulisan Blogplan di wiwidnurwidayati.my.id
  • 15 Desember 2021 : Eksekusi dan checking tugas kelas BRT Desember & mengikuti kelas SEO Off Page kelas BRT
  • 16 Desember 2021 : Menanam backlink
  • 17 Desember 2021 : Memperbaiki blog sesuai dengan Parameter SEO dan menambahkan widget penting
  • 18 Desember 2021 : Mempersiapkan tulisan untuk lomba blog Asus

Goal dari Blogplan yang Dibuat

Tidak muluk-muluk, tetapi ada beberapa hal yang ingin saya raih setelah melakukan perencanaan tersebut:

Tujuan akhir dari blogplan
My Goal Plan
  • DA dari 3 blog minimal 20
  • DR dari 3 blog minimal 25
  • PV blog masing-masing minimal 6000/bulan
  • Alexa lebih kecil dari angka 500.000 untuk wiwidstory.com dan 1 juta untuk DayatRain.my.id & wiwidnurwidayati.my.id
  • Income rutin dari blogging
  • Memenangkan lomba minimal 3 dalam satu tahun

Komentar Teman untuk My Blogplan Tahun 2022

Dalam kelas BRT ini coach membagi kita dalam grup-grup kecil, agar kita lebih mudah mendiskusikan tugas dan masalah yang ditemui. Saat ini saya berada di grub H, ada 6 orang di dalamnya.

Mbak Devi, dan Ada mbak Qoty yang berkata, “Inilah gambaran peternak blog. Mbak Wiwid full time bloggerkah? Manajemen waktunya oke banget. Kalau punya banyak blog yaharus punya blog planner kayak gini ya. Kalau nggak ya bakal keteteran.”

Komentar mbak Iid Yanie terlalu menjulang tinggi, hehehe, tapi tak amini saja.”Salut semangat ngeblognya, karena bisa merawat lebih dari 1 blog, Blog plannya lebih detail dan terencana. Gak heran saya, mbak wiwid sekarang sudah menjadi blogger profesional.”

Mbak Novia mengomentari blogplan saya untuk lebih detail tentang event upgrade skill yang ingin saya ikuti. Baik mbak, kuperbaiki biar goalnya lebih jelas ya.

Yang paling rinci memberikan komentar adalah mbak Sylviana, beliau membuat list komentar dalam sekali post di grup. Dan beliau mengomentari perencanaan yang saya buat yaitu “Blog plan nya sangat jelas terperinci. Hebat banget mbak bisa handle banyak blog sekaligus, time management nya bagus nih.

Total jumlah anggota dalam grup H ada 6 orang dan hampir semuanya aktif memberikan komentar satu sama lain. Saling memberi masukan pada rencana-rencana yang dibuat teman-teman lainnya. Jadi, dengan adanya grup kecil ini kita juga bisa tambah banyak teman baru yang sebelumnya nggak kenal.

Kesimpulan Yearly, Monthly, Weekly dan Daily Blogplan

Sangatlah penting merencanakan blog untuk terus lebih baik performanya dari hari ke hari. Karena dengan rencana tersebut kita lebih tahu mana prioritas yang harus dijalankan, langkah apa yang harus diambil agar tercapai tujuan yang diinginkan.

Jika belum melakukan blog planning, yuk mulai dari sekarang. Dengan adanya perencanaan yang detail, kita akan lebih mudah mengevaluasi jika tujuan tidak tercapai. Jadi, kedepannya kita bisa melangkah lebih baik lagi. Lebih bagus lagi, sinkronkan blogplan dengan kewajiban utama sebagai Ibu Rumah Tangga ataupun sebagai karyawan.

Yuk, rencanakan hidupmu dan terus menjadi baik dengan blogplan yang telah dibuat.

Satu pemikiran pada “Blogplan Tahun 2022, Apa Saja yang Ingin Diraih?”

  1. kalau ada blog plan seperti ini jadi lebih mudah untuk posting blog dan evaluasi ya kak, saya sebaga blogger junior benar-bnar masih keteteran karena sebelumnya buat blog plan kurang detail

    Balas

Tinggalkan komentar